Rabu, 10 Maret 2010

Raw with Pestiside VS Cooked with Pestiside

Seringkali orang yang penasaran dan bertanya tentang diet (keluarga kami) RAW FOOD/Makanan Mentah, pasti utamanya tentang masalah pestisida pada bahan makanan (sayur, buah/tanaman). "Kalau sayur ngk dimasak, gimana masalah pestisidanya? kan bahaya tuh!". Saya balik tanya, "gimana dengan buah2 yang kebanyakan dikonsumsi segar oleh anda? apa buah anda masak juga?" pasti jawabnya tidak. Saya tanya lagi "terus anda apakan buahnya untuk mengurangi efek jejak pestisida?" jawabnya pasti dicuci sebersih mungkin. Ya sama saja, buat sayur juga saya usahakan dicuci bersih (semaksimal mungkin keluarga kami meski tinggal dikota mengkonsumsi sayur dan buah organik yang kami tanam sendiri dengan keterbatasan lahan yang ada, atau kami berbelanja di pasar lokal bukan pasar induk atau supermarket).

Sekarang saya ditanya lagi, "kalau tidak dimasak pestisidanya kan ngk hilang, tambah bahaya jika dimakan mentah". Saya jawabnya ringan saya, logikanya kalau dimasakpun pestisida tetap ada, karena bukan hanya menempel dikulit tetapi merasuk keseluruh tanaman lewat akar, daun dan bagian lainnya. Selain itu makanan yang dimasak enyzm, mineral, vitamin dan nutrisi yang sebagian besar sensitif terhadap cahaya dan temperatur tinggi pada hilang dan mati. Ketambahan juga molekul yang ada dimakanan yang dimasak karena proses pemanasan jadi berubah berbahaya untuk tubuh manusia. Jadi apa yang tersisa dari makanan yang dimasak, terutama memasak dengan suhu tinggi (diatas 100F)jawabnya TIDAK ADA! yang tersisa cuma bibit penyakit baru buat tubuh yang sangat berharga ini. Satu lagi, perut tambah hari tambah nagihin makanan lebih dan lebih, karena tubuh tersayang ini lapar nutrisi yang tidak terpenuhi dari makanan yang dimasak.

Jadi saya dan keluarga tetap memilih RAW FOOD.Biar dibilang jadi kelinci atau kuno karena jadi seperti nenek moyang (yang terbukti lebih sehat dari kita jaman sekarang), tapi tubuh ini jadi terjaga dan terpelihara. Saya Sayang Tubuh Ini, kasihak kalau tidak dijaga ntar cepat rusak, kalau rusak saya nggak punya gantinya. Apa Anda Punya?

Tidak ada komentar: