Kamis, 01 April 2010

Gambaran Bumi Kita Saat Ini "Global Warming"

Apa itu pemanasan global? definisinya adalah fakta bahwa suhu bumi meningkat di tingkat yang lebih tinggi dibandingkan di masa lalu. Pemanasan global terjadi dan meningkatnya karbon dioksida yang berlebihan di atmosfer. kelebihan karbon dioksida disebabkan oleh manusia membakar bahan bakar fosil, batubara dan minyak.

Pemanasan global menjelaskan peningkatan pesat dalam suhu permukaan bumi, air dan atmosfir yang menyebabkan perubahan sistem alami (seperti musim dan siklus hidup tanaman dan hewan) dan memberi efek negatif yang sangat besar. Contohnya terlihat pada peningkatan cuaca yang ekstrim seperti gelombang panas, angin topan, tornado, topan, kebakaran hutan dan kekeringan. Juga tingkat air akan meningkat di seluruh dunia. Sekarang orang yang hidup di daerah kutub sudah melihat perubahan yang sangat nyata.

Didaerah Pasific Selatan Tegua pulau di Vanuatu rantai Kepulauan Torres 64 warga direlokasi ke lokasi pedalaman yang lebih tinggi karena naiknya air laut.


Selain itu populasi hama juga meningkat tajam. Tanpa cuaca dingin untuk siklus reproduksi mereka, nyamuk dan penyakit yang ditularkan unggas menyebar lebih cepat. Beberapa waktu yang lalu India memerangi wabah penyakit tropis yang disebarkan oleh nyamuk yang menyebabkan lebih dari seratus orang meninggal dalam kurun waktu Juli-September 2009.

Semua perubahan ini hanya awal dari dampak yang lebih buruk dan Karbon Dioksida adalah penyebabnya.

Setiap tahun manusia menghasilkan/membuang 6 milyar ton karbon ke atmosfir.
limbah karbon berasal dari pabrik, rumah dan bahan bakar kendaraan yang semuanya berasal dari energi yang terbuat dari bahan bakar fosil, pembakaran batu bara dan minyak yang kita menghasilkan emisi karbon. (Ross Gelbspan)

Masalah Uang dan keserakahan termasuk salah satu faktor penyebab. Perusahaan besar terus menjadwalkan untuk membangun pembangkit batubara lebih banyak dan mencoba menemukan solusi kurang hijau (kurang ramah lingkungan) karena mereka enggan untuk mengembangkan energi ramah lingkungan yang bersih karena tidak ada keuntungan di dalamnya (tidak ada uang) dan mereka tidak ingin menghabiskan banyak uang dalam pendanaan untuk menemukan solusi hijau.

"Mengaburkan Kebenaran" (The New York Times 26 April 1998) Sebuah kelompok perusahaan-perusahaan industri minyak meluncurkan kampanye jutaan dolar untuk membingungkan masyarakat tentang ilmu lingkungan terhadap pemanasan global dan efeknya yang didasarkan pada ilmu palsu atau belum terbukti. (Jelas aja kita tenang-tenang merasa semuanya so far so good alias baik-baik saja).

IPCC (Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim) laporan menyatakan bahwa 11 dari 12 tahun terakhir (1995-2006) telah menjadi tahun terpanas dalam catatan sejarah. Jika kita tidak menemukan cara untuk menghentikan pemanasan global peningkatkan suhu ekstrim dan cuaca ekstrim akan terjadi dan menghasilkan berkurangnya pasokan makanan, kekurangan dalam berbagai bidang akan menyebabkan kondisi putus asa, pencurian, manipulasi pasar gelap, pekerjaan hilang, rumah hilang dan dampak sosial lainnya.

Kelemahan lain batubara antara lain, pembangkit listrik tenaga batubara membuang merkuri ke udara. Logam berat ini tinggal dan berdiam di tempat-tempat penampungan air, mencemari air dan ikan. Merkuri diketahui adalah penyebab autisme dan kerusakan otak untuk janin yang sedang berkembang dan anak-anak dan menurut klub Sieera bahwa satu dari setiap wanita dan anak usia enam di Amerika Serikat memiliki tingkat merkuri yang tinggi dan tidak aman dalam darahnya.

PIRG melaporkan bahwa sejak 1948 pemerintah Amerika Serikat telah menginvestasikan lebih dari 111 miliar dalam pencarian dan pengembangan energi 60% untuk penelitian nuklir bahan bakar fosil 23%, batubara dan minyak dan hanya beberapa bagian yang sangat kecil untuk penelitian energi yang bisa diperbaharui. Jelas bahwa pemerintah USA tidak mendukung solusi hijau.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk membalikkan kecenderungan/tren ini dan rencana apa untuk masa depan yang lebih hijau?

Untuk menstabilkan iklim kita perlu mengurangi emisi sebesar 70%. Bahkan jika kita semua duduk dalam gelap dan naik sepeda, kita tidak akan mencapai tujuan tersebut. Kita perlu mengubah sumber bahan bakar kita. Kita perlu undang-undang yang mengharuskan pembuat mobil kami hanya menjual kartu hibrida. Perubahan gaya hidup sangat penting untuk mengurangi emisi. (Russ Gelbspan).

Satu-satunya cara untuk mengubah kerusakan ini adalah masyarakat perlu berbicara kita dan membiarkan perusahaan-perusahaan dan wakil-wakil politik kita tahu bahwa kita ingin dan membutuhkan masa depan yang bersih, sehat.Suara rakyat dan permintaan pasar untuk produk-produk energi yang bisa diperbaharui akan menjadi kekuatan yang besar dan akan berdampak baik untuk bumi kita.

Tidak ada komentar: